Cara Buat Iklan Di Google Ads Buat Pemula, Dijamin Gampang

Salah satu cara efektif buat menaikkan penjualan usaha online merupakan menggunakan pasang iklan pada Google. Maka dari itu engkauperlu menilik cara untuk iklan di Google Ads supaya berhasil menarik banyak pelanggan.

Sebagai search engine terbesar pada dunia, sebesar 98% pengguna internet di Indonesia memakai Google buat menerima keterangan yg mereka inginkan pada internet. Besarnya jangkauan pasar Google menciptakan raksasa teknologi ini menjadi galat satu media iklan yang efektif buat sebuah usaha. Dengan platform pengiklanan Google Ads, engkaudapat menciptakan iklan yg akan tayang pada hasil pencarian Google. Keren, ‘kan?

Sejak 24 Juli 2018, Google membarui nama platform iklan dari Google AdWords sebagai Google Ads. Namun secara garis besar , cara penggunaannya hampir sama. Beberapa yg berubah pada Google Ads merupakan tampilan & fitur-fiturnya.

Baca Juga: Goodbye, Google AdWords. Hello, GoogleAds!

Kali ini Dewaweb akan membahas cara buat iklan pada Google Ads yg mudah buat diikuti. Semoga bisa membantumu dalam menyebarkan bisnis ya. Simak informasinya pada artikel berikut adalah!1. Buat akun Google Ads

Sebelum memulai cara buat iklan di Google Ads, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Jika kamu belum mempunyai akun Google Ads, buka situs Google Ads pada browser. Lalu ikuti proses pembuatan akun buat Google Ads. Kamu juga mampu login ke akun Google yg sudah kamu miliki.

Selanjutnya engkauakan diarahkan ke halaman buat menentukan goal iklan. apabila baru pertama kali membuat iklan di Google Ads, Google akan langsung mengarahkan kamu untuk menciptakan iklan Smart Campaign, yang pada mana Google akan mengatur otomatis iklan tadi dengan bantuan machine learning.

Tetapi, jika kamu menginginkan kontrol penuh terhadap iklan yg akan dibuat, disarankan buat pindah ke Expert Mode menggunakan klik ‘Switch to Expert Mode’ seperti gambar berikut.

dua. Menentukan Tujuan Iklan

Langkah kedua untuk cara buat iklan di Google Ads adalah memilih goal atau tujuan menurut pemasang iklan. Iklan kamu nantinya akan diatur sedemikian rupa buat membantu mencapai goal yang kamu pilih. Ada beberapa pilihan goals di Google Ads, pada antaranya:Sales: buat penjualan produk secara online atau offline.Leads: buat menerima leads dan konversi menggunakan mendorong pelanggan untuk melakukan suatu tindakan.Website traffic: buat memperoleh trafik atau pengunjung ke website sebanyak-banyaknya.Product and brand consideration: mendorong pelanggan pada mengenali usaha atau produk yg kamu jual.Brand awareness and reach: meraih audiens yang luas & menciptakan awareness.App promotion: mempromosikan pelaksanaan agar pelanggan melakukan install.Local store visits and promotion: menaikkan kunjungan toko fisik.3. Pilih Jenis Tampilan Iklan

Tipe campaign merupakan bentuk tampilan ads yg akan dibuat. Untuk setiap goal campaign. Saat memasang iklan pada Google, engkaudapat memilih dari beberapa tipe campaign, yakni:Search campaign

Jenis iklan yang ada saat user melakukan pencarian pada search engine menggunakan keyword eksklusif. Dikenal pula dengan iklan teks. Berisi judul yg mengarah ke website tujuan, deskripsi singkat tentang usaha, jua gosip hubungan, misalnya gambar di bawah ini.

Display campaign

Iklan yang dapat berupa teks juga gambar yang timbul pada website partner Google. Iklan gambar akan mengarahkan user ke website tujuan. Ukuran iklan display bhineka tergantung di mana iklan terpasang. Contohnya misalnya gambar berikut.

Shopping campaign

Iklan yg menampilkan keterangan produk dalam bentuk katalog. Berisi informasi produk, gambar, harga dan link yang mampu diklik menuju page web tujuan supaya pelanggan bisa eksklusif berbelanja berdasarkan situs tadi.

Video campaign

Iklan berupa video yg biasa muncul pada website partner Google atau ketika mengakses video di Youtube. Durasi video singkat, umumnya hanya 8-15 dtk atau 5-8 dtk saja.

App campaign 

Jenis iklan buat mempromosikan aplikasi. Iklan ini sanggup berupa teks atau gambar menggunakan button yg eksklusif mengarahkan user ke App Store atau Play Store.Smart campaign

Jenis campaign dikelola Google dengan bantuan machine learning. Jenis ini membantu pengguna baru buat menciptakan dan mengelola ads menggunakan lebih gampang. Berikan fakta tentang nama bisnis, buat iklan, lalu Google akan menemukan penargetan terbaik untuk ads-mu secara maksimal .Local campaign

Dirancang buat membantu mempromosikan toko fisik. Ad akan tampil pada penelusuran, Maps, YouTube, dan website partner Google.

Baca Juga: Manfaat Marketing Campaign buat Kesuksesan Bisnismu

Pilih tipe campaign yg sesuai menggunakan kebutuhan. Untuk tutorial kali ini, Dewaweb menggunakan search campaign. Setelah itu kamu perlu melengkapi data-data yg diminta sang Google, seperti alamat website (jika kamu menentukan goal website traffic), nama pelaksanaan (jika kamu memilih goal app promotion), dan lain-lain. Kemudian klik ‘Continue’

4. Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Pada bagian ini, kamu perlu melengkapi pengaturan dasar campaign yang akan dibuat.  Kamu wajibmelengkapi pengaturan dasar iklan seperti jenis iklan, nama iklan, & pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.

Setelah menentukan jenis iklan & melengkapi pengaturan dasarnya, langkah selanjutnya buat menciptakan iklan pada Google adalah memilih durasi iklan.  Buka pengaturan menggunakan klik ‘Show more settings’ terlebih dahulu.

Setelah itu akan timbul pilihan seperti berikut.

Di bagian ini engkaudapat menentukan berapa usang iklan yang engkaubuat akan ditayangkan oleh Google. Tentukan menggunakan memasukkan lepas mulai dan lepas terselesaikan iklan.

Selain itu kamu pula bisa mengatur URL Campaign, Dynamic search Ads & jadwal penayangan iklan pada kolom yg tersedia seperti berikut.

6. Pilih Jangkauan Lokasi & Bahasa

Langkah selanjutnya pada cara buat iklan di Google Ads adalah menentukan jangkauan lokasi & bahasa buat penayangan iklan. Kamu sanggup mempersempit jangkauan sampai ke provinsi atau kota yg ingin dijangkau supaya lebih khusus.

Baca Juga: Strategi Advertising Mana Yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Setelah selesai memilih lokasi, tentukan bahasa yg digunakan sang audience-mu. Google akan menyeleksi buat menampilkan ads dalam orang-orang dengan pengaturan bahasa tadi. Misal engkaumenentukan bahasa Indonesia & Inggris, maka iklan yg kamu buat akan ditampilkan pada audience yang berbahasa Indonesia atau Inggris.7. Tentukan Target Audience

Di bagian ini, engkaubisa memilih sendiri audiens yang sesuai menggunakan sasaran pasarmu supaya iklan bisa ditampilkan lebih khusus pada orang-orang tadi. Tentukan audiens misalnya menurut detail demografi, usia, interest & lain sebagainya.

8. Atur Anggaran Harian untuk Iklan

Untuk setiap campaign, kamu bisa memilih berapa banyak uang yg dapat dihabiskan Google buat penempatan iklan tersebut setiap hari.

Untuk dapat pasang iklan pada Google menggunakan efektif, engkausebaiknya mengatur budget yg akan digunakan untuk iklan tadi.

Google memiliki fitur batas budget yg akan secara otomatis menghentikan iklan sesudah batasan porto tercapai. Jadi misalnya kamu memasukkan Rp100.000/hari buat campaign A & Rp80.000/hari buat campaign B. Maka, Google nir akan menghabiskan uang tadi melebihi jumlah ini.

Kamu bisa tetapkan budget terendah dahulu waktu baru memulai membuat ads. Kemudian secara perlahan kamu mampu mulai mengukur kesuksesan ads dan coba buat mengoptimalkannya.9. Tentukan Bidding buat Iklan

Bidding merupakan biayayang akan kamu keluarkan buat setiap tujuan iklan atau harga sekali klik iklan (jika kamu menentukan fokusnya dalam clicks). Untuk bidding, kamu sanggup mengaturnya dalam konversi, klik atau impression. Setelah selesai, klik ‘Save and Continue’.

Baca Juga: 10 Plugin Advertising WordPress Terbaik10. Atur Keyword buat Iklan di Ad Groups

Selanjutnya, lakukan pengaturan keyword di ad groups. Satu campaign bisa berisi beberapa ad groups.

Kamu bisa menciptakan satu atau lebih ad group pada tiap campaign yang kamu bentuk. apabila engkaumembuat lebih berdasarkan satu ad gerombolan , namai tiap ad gerombolandalam kolom yang tersedia. Ini akan memudahkan kamu buat mengetahui ad mana yang perform lebih baik.

Selanjutnya, kamu perlu memasukkan keyword-keyword yg mempunyai relevansi menggunakan iklan yg dibuat. Tujuannya supaya saat orang memasukkan keyword tadi pada pencarian Google, maka iklanmu bisa tampil pada hasil pencarian mereka.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Whatsapp Blast Termurah